Event

25 Nov

Pelatihan/Bimbingan Teknis Pegarusutamaan Pancasila dalam Penyusunan dan Pembentukan Kebijakan

Menjadi sangat penting melakukan upaya peningkatan pemahaman mengenai pembentukan regulasi yang selaras dengan Pancasila di kalangan lembaga yang berwenang membentuk peraturan. Selain itu, untuk menghasilkan produk hukum yang baik berdasarkan aturan yang ada sehingga tidak ada regulasi yang dibatalkan karena tidak sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi dan Dasar Negara. Atas dasar itu, dirasa penting dan urgen mengadakan program Bimbingan Teknis/Pelatihan Institusionalisasi Pancasila dalam Penyusunan dan Pembentukan Kebijakan bagi aparatur penyusun kebijakan baik di Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, dan Kementerian/Badan/Lembaga.
22 Nov

Temu Ilmiah: Pra Pengusulan Pancasila sebagai Memory of The World (MoW) UNESCO “PANCASILA MENUJU MEMORI KOLEKTIF DUNIA”

 

Pancasila adalah anugerah yang luar biasa sebagai karya falsafah bangsa yang mendunia dengan kekhasan yang dimiliki dan diperoleh atas rumusan para pendiri bangsa. Notonegoro selaku ahli mengenai Pancasila berpandangan bahwa Pancasila itu bersifat final and absolute truth.1 Sebagai memori kolektif dunia, langkah pengenalan Pancasila dipentas dunia sudah dilakukan pertama kali oleh Presiden Sukarno dalam sidang Kongres dan Senat Amerika Serikat pada 17 Mei 1956 dan puncaknya pada 30 September 1960 yang dikenal dengan gagasan To Build The World a New. Saat itulah Soekarno melakukan usaha memperkenalkan pada dunia mengenai Pancasila. Soekarno kemudian menjelaskan lebih lanjut apa sebenarnya yang dia maksud dengan Pancasila itu dengan berkata,2 “It gives us the five principle of our state. There are: 1. Believed in God, 2. Nationalism, 3. Humanity, 4. Democracy, 5. Social Justice. The five principles are combined reflections of Indonesia’s natural climate and the personality of its inhabitants”. read more

18 Nov

Diskusi dan Bedah Buku Aldera (Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1998)

Gerakan mahasiswa di masa Orde Baru tidak dapat dilepaskan dari peran organisasi mahasiswa, salah satunya ”Aldera” atau Aliansi Demokrasi Rakyat. Organisasi mahasiswa tersebut salah satu dari beragam organisasi politik mahasiswa menjelang demonstrasi Mei 1998, seperti SMID (Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi), dan Forkot (Forum Kota). Buku ini dengan tim penulis : Teddy Wibisana, Nanang Pujalaksana, Rahadi T. Wiratama. Buku ditulis bukan hanya tentang Aliansi Demokrasi Rakyat (ALDERA), melainkan juga untuk menghimpun dan merekonstruksi kepingan catatan sejarah yang terserak seputar gerakan mahasiswa di era ’90-an di Tanah Air, tempat ALDERA menjadi salah satu pilarnya.  read more

18 Nov

Kursus Kritik Ideologi Tahun 2022

Kuliah mengeksplorasi asal mula integralisme dalam sejarah perkembangan Pancasila, mendiskusikan pengaruhnya pada sejumlah pemikir Pancasila Indonesia kontemporer dan menimbang seperti apa demokratisasi dan usaha mewujudkan keadilan sosial di Indonesia terpengaruh, terhambat atau terpacu oleh gagasan integralisme.
04 Nov

Kursus Penguatan Pendidikan Karakter Tahun 2022

Kursus ini dirancang untuk mengenali kembali praktek dari, dan untuk membantu memberikan penilaian tentang, keberhasilan dan kegagalan pendidikan moral dan karakter Pancasila. Standard kemajuan moral (moral progress) dan kematangan moral (moral maturity) yang terkait erat dengan kapasitas warga negara dan khususnya anak didik dalam melakukan penalaran moral (moral reasoning).
20 Sep

KURSUS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (UPGRADING)

Kursus ini dirancang untuk mengenali kembali praktek dari, dan untuk membantu memberikan penilaian tentang, keberhasilan dan kegagalan pendidikan moral dan karakter Pancasila. Standard kemajuan moral (moral progress) dan kematangan moral (moral maturity) yang terkait erat dengan kapasitas warga negara dan khususnya anak didik dalam melakukan penalaran moral (moral reasoning).

Materi Kursus:

  • Sejarah Pendidikan Moral dan Karakter Pancasila
  • Landasan Teori Kefilsafatan Pendidikan Karakter
  • Fondasi Teoritik dan Empirik Pendidikan Karakter
  • Desain dan Teknik Pengukuran; Ke Arah Kemajuan Moral
  • Praktik Baik (best practice) Pendidikan Karakter
  • Aktualisasi Pendidikan Karakter
  • Metodologi Pembelajaran
  • Cara Memahami Pengelolaan Kelas 
  • Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah dan Masyarakat
  • Penulisan dan Presentasi Paper/Makalah
  • read more