Kader Bhinneka Tunggal Ika

Badan Kebangpol DIY yang didukung Oleh Pusat Studi Pancasila UGM (PSP UGM) dan Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (dulu Kopertis) Wilayah Yogyakarta akan mengadakan pelatihan dan pembentukan Kader BHINNEKA TUNGGAL IKA. Pada tahun 2019 kegiatan ini akan dilaksanakan dalam dua (2) angkatan. Untuk angkatan pertama insyallah diselenggarakan di Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, tanggal 22 – 24 April 2019. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Membangun Kader Bhinneka Tunggal Ika Berbasis Kecerdasan Holistik”. Pelatihan akan diikuti oleh 50 mahasiswa pengurus BEM dan Oragnisasi Kemahasiswaan dari PTS dan PTN yang ada di DIY.

Dr. Heri Santoso (Kepala PSP UGM) mengatakan bahwa Kader yang dihasilkan dari pelatihan tersebut dharapkan akan menjadi kader yang paham terhadap nilai-nilai kebhinnekaan, peka terhadap berbagai permasalahan bangsa dan mampu memberi solusi jalan keluarnya. Metode yang digunakan adalah dengan mengajak para peserta tinggal beberapa hari di desa. Para peserta dibagi kedalam beberapa kelompok kecil yang dititipkan ke rumah-rumah penduduk.
Substansi pelatihan akan diberikan dalam bentuk klasikal, praktik langsung dengan penduduk, dan refleksi. Para peserta tidak sekedar dikandani akan tetapi juga dikancani dan langsung dihdapkan dengan kondisi di masyarakat.