PSP UGM Mengembangkan Pembelajaran Pencasila yang Menyenangkan pada sekolah pinggiran, Pedesaan, dan Perbatasan di Indonesia

PSP UGM Mengembangkan Pembelajaran Pencasila yang Menyenangkan pada sekolah pinggiran, Pedesaan, dan Perbatasan di Indonesia

Pusat Studi Pancasila UGM saat ini sedang mengembangkan model pembelajaran Pancasila yang Menyenangkan. Dalam Rangka mendukung kegiatan ini maka Pusat Studi Pancasila melakukan penggalian data di beberapa wilayah di Indonesia yang berada di pinggiran, perbatasn, dan perdesaan.  Kegiatan ini merupakan bagian dari program penelitian yang dilakukan oleh Dr. Hastanti Widy Nugroho, Arif Akhyat, M.A. dan Surono, M.A. yang berjudul Pengembangkan Model Pembelajaran Pancasila yang Menyenangkan Pada Sekolah Pinggiran dan Pedesaan di Indonesia.

Kegiatan pertama adalah FGD yang dilaksanakan di PSP UGM pada tanggal 11 April 2018. Kegiatan ini dihadiri para siswa dan guru dari beberapa sekolah di DIY. Pada fgd ini membahas tentang konsep dan model pembelajaran Pancasila yang selama ini dipraktikkan. Serta menggali metode apa yang dianggap menyenangkan bagi siswa dan guru.

Kegiatan Kedua dilakukan di NTT, tepatnya di SMPN 2 Nakamese Kupang pada tanggal 24 Agustus 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh para siswa dan guru dari berbagai Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas dari berbagai wilayah di NTT. Kegiatan ketiga dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2018 di SMAN 16 Batam.

Pada saat berita ini diturunkan sedang dilakukan pengkajian dan analisis data yang berhasil ditemukan di lapangan untuk disusun model pembelajaran Pancasila yang menyenangkan.