Perlu Dibangun Kesadaran Berbangsa Bernegara pada Generasi Muda

Ada pertanyaan dari seorang peserta, “Pak mengapa saat ini para mahasiswa tidak pernah demo?” Pertanyaan ini terlihat sangat sederhana namun sangat menyentak. Pertanyaan tersebut muncul dari salah satu peserta dalam kegiatan Sarasehan Peningkatan Kesadaran Bela Negara yang dihadiri sekitar 60 Resimen Mahasiswa se DIY, yang dilaksanakan di Aula Unit I Pemda Sleman oleh Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman.

 

Saat ini mahasiswa kurang peka dan menyadari terhadap berbagai permasalahan bangsa. Kekurang pekaan dan kesadaran para mahasiswa sekarang ini disebabkan banyak hal, salah satunya adalah perbedaan orientasi mahasiswa saat ini yang cenderung mengejar prestasi intelektual kurang mengasah kecerdasan emosional apalagi spiritual. Dengan demikian ada kebingungan dalam diri mahasiswa sekarang “tema apa yang akan didemokan”. Hal ini berbeda dengan kondisi mahasiswa angkatan tahun 2000 ke bawah yang  kesadaran terhadap problematik kebangsaannya masih baik, jelas Surono.

Surono menambahkan bahwa demo tidak dilarang karena ada Undang-undang yang mengatur. Yang terpenting adalah bahwa ketika demo jangan sampai ditunggangi oleh kelompok tertentu yang hanya ingin mencari untung. Dan demo harus dilakukan secara santun dan “intelek”.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 14 September 2018 ini menghadirkan pembicara Hery Dwikuryanto (Kepala Badan Kesbangpol Sleman) Suwarno (Legium Veteran), Kapten Inf Kusno (Pasi Intel Kodim 0732/Sleman), MENWA, dan Surono (Pusat Studi Pancasila UGM).