Pelatihan Kader Pembauran Bangsa

 

Pusat Studi Pancasila, Badan Kesbangpol DIY, dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 Dikti) bekerjasama menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kader Pembauran di Kulon Progo DIY. Kegiatan dimaksudkan untuk melatih mahasiswa yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia yang kuliah di berbagai perguruan tinggi di Yogya. Tujuan utama kegiatan ini adalah melatih mahasiswa untuk mengenal budaya Yogya dan budaya nusantara lainnya. Selain itu, didalam pelatihan ini para mahasiswa juga dididik untuk membangun kecerdasan holistik (kecerdasan intelektual, kinestetis, emosional, dan spiritual)
Gambar mungkin berisi: 3 orang, termasuk Wisnu Mintargo dan Surono Karti, orang tersenyum, orang berdiriGambar mungkin berisi: 3 orang, termasuk Wisnu Mintargo dan Surono Karti, orang tersenyum, orang berdiri

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah dengan mahasiswa ke dalam kelompok-kelompok kecil dan menginap di rumah-rumah penduduk sehingga mahasiswa bisa merasakan susah dan senangnya hidup di desa bersama penduduk. Selain itu mahasiswa juga diwajibkan untuk melakukan aktifitas bersama penduduk, belajar bertani, belajar menanam mangrove. Disela-sela kesibukan mereka bersama warga mereka mendapatkan materi klasikal, diskusi, dan orientasi lapangan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai tanggal 23 – 25 Oktober 2018 di pedukuhan Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang berdiri, pohon dan luar ruangan

Secara singkat materi pada pelatihan ini adalah sebagai berikut:

1. Melatih kemampuan beradaptasi, berempati, dan bersinergi (gotong royong)
2. Melatih Kecerdasan Intelektual (1): Berfikir Logis, Kritis, Kreatif dan Komprehensif
3. Membangun Kecerdasan Kinestetis
4. Menyiapkan Mahasiswa Sebagai Kader Pembauran Bangsa di Yogyakarta
5. Membangun Kecerdasan Emosional melalui Internalisasi  Lagu – Lagu Nasional dan Perjuangan
6. Membangun Kecerdasan Kinestetis

Narasumber
1.Kepala Kesbangpol DIY
2. Kepala Kesbangpol Kab. Kulon Progo
3. Dr. Heri Santoso
4. Tunggul Priyono, SH, M.Hum
5. Surono, M.A.
6. Dr. Wisnu Mintarga