Soal-soal Pancasila Dikalangan Siswa Banyak yang Salah

Badan Kesbangpol Kabupaten Magelang menyelenggarakan kegiatan pendidikan Wawasan Kebangsaan bagi Pekerja Seni dan Guru Olahraga. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 September 2018 di Balkondes Wringin Putih Kecamatan Borobudur. Kegiatan ini menghadirkan sekitar 70 orang pekerja seni dan guru. Kegiatan dibuka dengan outbond.

Pada kesempatan ini Pusat Studi Pancasila UGM ikut berpartisipasi menjadi salah satu narasumber yang membahas tema kePancasilaan. Pusat Studi Pancasila UGM diwakili oleh Surono, dia menyatakan bawah para pekerja seni dan guru merupakan elemen penting dalam pembudayaan [ada masyarakat. Pekerja seni bisa melakukan pembudayaan melui karya-karya seni yang menarik dan sesuai dengan perkembangan jaman.

Pada guru, guru dituntut untuk mengajar dengan cara yang menarik agar para siswa tertarik dengan Pancasila disamping itu para guru ketika ujian disarankan juga membuat soal-soal yang tepat, karena selama ini banyak soal yang salah beredar di kalangan siswa. Misalnya soal, “Menolong orang kecelakaan itu sesuai dengan Pancasila sila ke berapa?” Padahal menolong orang kecelakaan itu sesuai dengan semua sila dari Pancasila, tegas Surono