Generasi Muda Pembauran Kebangsaan Mendesain Program Penguatan Nilai-nilai Kebangsaan

Jumat (16/11/2018), Generasi Muda Pembauran Kebangsaan (GMPK) merupakan generasi muda yang pernah terlibat dalam kegiatan pelatihan kader kebangsaan yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Daerah Istimewa Yogyakarta, Pusat Studi Pancasila UGM, dan Kopertis Wilayah V (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi ) Yogyakarta sejak 2016. Kegiatan pelatihan kader kebangsaan ini melibatkan seluruh perguruan tinggi di Yogyakarta.

GMPK pada hari jumat, 16 November 2018, menyelenggarakan Diskusi Forum Pembauran Kebangsaan di Ruang Bhinneka Tunggal Ika PSP UGM untuk membahas isu-isu kebangsaan dan rancangan kegiatan kebangsaan yang hendak dirumuskan oleh forum generasi muda pembauran kebangsaan, “dari generasi muda untuk generasi muda dan Indonesia”.  Isu kebangsaan yang hendak dijawab ialah bagaimana menumbuhkan semangat generasi muda untuk cinta pada tanah air dan bangsanya. Dalam diskusi ini juga membahas tentang kegiatan untuk mendorong percepatan generasi untuk aktif dalam penguatan nilai-nilai kebangsaan.

Berbagai tawaran kegiatan yang muncul antara lain festival budaya, seminar budaya, lomba pidato budaya, kemah budaya, dan gebyar budaya. Harapannya kegiatan ini bisa contoh dan diselenggarakan oleh seluruh kabupaten di Indonesia, karang taruna, dan lembaga kepemudaan yang lainnya. Diskusi ini dihadiri dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta.