Pancasila Menjadi Penyembuh Penyakit Kebangsaan

Tanggal 21 Agustus 2018, kegiatn Sinau Pancasila di 78 kecamatan di propinsi DIY kembali digelar. Pada kesempatan ini lokasi yang dijadikan tempat sinau adalah di pendopo kecamatan Tepus. Kegiatan berlangsung semarak karena dihadiri oleh berbagai kalangan, diantaranya siswa menengah atas, guru, pemuda, aparat pemerintah, anggota TNI, anggota Polri, dan lain sebagainya. Kegiatan ini berlangsung semarak karena hampir bersamaan dengan berbagai kegiatan memperingati HUT ke 73 Republik Indonesia.

 

Tampil sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah Kepala Badan Kesbangpol DIY, Anggota Komisi A DPRD DIY,  Badan Kesbangpol Gunung Kidul, dan Pusat Studi Pancasila UGM. Surono menegaskan kembali pentingnya pembudayaan nilai-nilai Pancasila bagi seluruh anak bangsa, utamanya para pejabat, anggota legislatif, dan juga generasi muda. Untuk menjadi bangsa yang berdaulat maka persatuan dan kesadaran menjadi pengobat berbagai penyakit kebangsaan menjadi modal yang sangat penting.

Para peserta tetap antusias mengikuti kegiatan sinau Pancasila meskipun sedikit terganggu dengan pembangunan sebagian gedung di komplek kantor kecamatan.  Kecamatan merupakan salah satu kecamatan terakhir di Gunung Kidul untuk kegiatan sinau Pancasila tahun 2018.