Belajar dari Para Nelayan dalam Implementasi Nilai-nilai Pancasila

Putaran ketiga sarasehan ‘Menggali Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari’ kembali digelar Panitia Bersama Bulan Pancasila 2018 bekerja sama dengan Koperasi Wisata Mina Bahari 45 pada Jumat, (27/7/2018) di Pendapa RM Segara Pantai Depok Kretek Bantul.

Menghadirkan sejumlah pemantik sarasehan yakni Kepala Pusat Studi Pancasila UGM, Heri Santoso, Kepala Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Achmad Charris Zubair dan dimoderatori oleh Ketua Sekber Keistimewaan DIY, Widihasto Wasana Putra. Peserta sarasehan merupakan pengurus dan anggota Koperasi Wisata Mina Bahari 45, kalangan nelayan dan para pedagang restoran ikan laut yang berada di kawasan Pantai Depok.

http://cdn2.tstatic.net/jogja/foto/bank/images/menggali-nilai-pancasila-bersama-para-nelayan_20180727_174526.jpg
Rangkaian sarasehan Pancasila sengaja memilih lokasi penyelenggaraan di tengah-tengah aktivitas publik dengan tujuan agar eksplorasi implementasi nilai-nilai Pancasila dapat lebih kongrit bersumber dari pengalaman nyata di lapangan. Dinamika sosial ekonomi koperasi wisata nelayan kiranya merupakan model menarik mengingat koperasi secara konstitusional merupakan model daripada ekonomi Pancasila.

Dalam sarasehan tersebut, panitia sengaja membawakan materi yang ringan dan seru kepada para peserta dengan mengetengahkan permainan yang memiliki makna dari setiap sila yang ada dalam Pancasila. “Kadang-kadang kita sering menuduh orang korupsi, membuat kekacauan, tetapi dengan permainan ini kita jadi tahu kadang-kadang kita sumber kekacauan, kita sendiri punya potensi korupsi, sehingga model permainan ini kita kembangkan untuk mendalami sila dalam Pancasila,” ujar Heri.

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Menggali Nilai Pancasila Bersama Para Nelayan,
sumber //jogja.tribunnews.com/2018/07/27/menggali-nilai-pancasila-bersama-para-nelayan.