Sinau Pancasila di Kecamatan Semin

Rangkaian Kegiatan Sinau Pancasila yang merupakan kerjasama antara Kesbangpol DIY – DPRD Provinsi DIY – Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada di 78 kecamatan di Daerah Istimewa Yogyakarta kembali digelar. Kegiatan kali ini diselenggarakan di Kecamatan Semin Gunung Kidul pada hari Kamis, 19 Juli 2018. Kegiatan Sinau Pancasila dihadiri oleh peserta yang berasal dari pelajar, mahasiswa, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, aparat desa, kepolisian, dan TNI. Tempat pelaksanaan kegiatan tersebut adalah di Pendopo Kecamatan Semin Kabupaten Gunung Kidul.

Pada kesempatan Sinau Pancasila di Semin ini, bertindak sebagai pembicara adalah Kepala Kesbangpol DIY (Agung Supriyono), anggota DPRD Komisi A (Bambang Chrisnadi), Kasi Teritorial (Kasiter) Korem 072 Pamungkas, (Kol (Inf) Jaelan), Pusat Studi Pancasila UGM (Surono).

Dalam paparannya Bambang Crisnadi menyatakan pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebhinnekaan yang ada di Indonesia. Sedangkan Kol (inf) Jaelan menegaskan arti pentingnya NKRI bagi bangsa Indonesia yang tidak bisa ditawar-tawar. Surono menyatakan, Pancasila adalah konsensus bersama yang memiliki arti dan peran sangat penting bagi Indonesia . Dengan Pancasila maka kebhinnekaan di Indonesia akan dirajut dan dipersatukan dalam wadah NKRI. lebih lanjut Surono mengatakan bahwa Pancasila adalah ruh dari semua peraturan perundang-undangandi Indonesia, yang pada akhirnya akan berpihak dan menuju pada kemaslahatan bangsa Indonesia.