Sinau Pancasila: Sesama Penggiat Pancasila sedang diadu domba

Kegiatan Sinau Pancasila kembali digelar. Pada kesempatan ini, Rabu11 Juli 2018, kegiatan sinau Pancasila memasuki wilayah kabupaten Gunung Kidul tepatnya Kecamatan Wonosari. Di Pendopo Kecamatan para peserta yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari siswa, mahasiswa, guru, tokoh masyarakat, tokoh agama, kader partai, polri, hingga TNI dengan antusias mengikuti acara dari jam 08.00 – 13.00 WIB. Kesbangpol DIY sebagai koordinator dan empunya kegiatan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Pada kesempatan ini menghadirkan beberapa pembicara yaitu Kol. Inf. Jaelan (Kasi Terirorial Korem 072/Pamungkas), Sugeng Irianto (Sekretaris Kesbangpol DIY), Surono (Sekretaris PSP UGM).  Dalam paparannya Kol. Jaelani mengatakan bahwa NKRI harus tetap dijaga sampai akhir hayat, sementara itu Sugeng Irianto menjelaskan bahwa potensi konflik di DIY sangat banyak dan harus mendapatkan perhatian yang baik.

Pada kesempatan lainnya, Surono menegaskan bahwa saat ini banyak pihak yang berusaha menggoyang pesatuan bangsa Indonesia agar  bisa menguasai Indonesia. Antara lain adalah dengan membentur-benturkan agama dengan Pancasila, antar pendukung Pancasila, membuat  kapling-kapling Aku Pancasila – Kamu bukan Pancasila. Surono menegaskan itulah musuh sebenarnya, kita sering tidak menyadarinya. “Untuk itu rasa dan kesadaran akan senasib, sepenanggungan, dan rela berkorban harus senantiasa dipupuk”, demikian usul Surono.