Daftar Peserta Pelatihan Ilmu Kepancasilaan

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari serangkaian penelitian yang dilaksanakan PSP UGM dengan judul Refleksi dan Rekonstruksi Ilmu Kepancasilaan di UGM dan UP Jakarta (Heri Santoso, dkk., 2017), hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan data yang ada baik melalui data kepustakaan maupun lapangan memang terbukti ilmu kepancasilaan itu ada dan telah dikembangkan di UGM dan UP Jakarta; (2) berdasarkan refleksi filosofis, sesungguhnya ilmu kepancasilaan ditinjau dari perspektif filsafat ilmu memiliki dasar yang kuat untuk menjadi ilmu, karena memiliki dasar ontologis, epistemologis, dan aksiologis yang khas. Kekhasan tersebut sangat berbeda dengan ilmu-ilmu yang telah berkembang sebelumnya. Selain itu, Ilmu kepancasilaan yang dikembangkan di UGM dan Universitas Pancasila merupakan ilmu yang unik, karena ilmu tentang ideologi dan filosofi bangsa sekaligus ilmu yang dikembangkan berdasarkan ideologi dan filosofi khas bangsa Indonesia; (3) ditemukan data di lapangan bahwa masih sedikit ilmuwan yang terbukti menghasilkan karya ilmu kepancasilaan, bahkan ada keterputusan antar generasi, dan yang lebih parah adanya penolakan dari beberapa ilmuwan di kedua perguruan tinggi tersebut terkait dengan eksistensi ilmu kepancasilaan.

Berdasarkan hasil temuan di atas, pada tahun ketiga telah dilakukan serangkaian diseminasi di beberapa perguruan tinggi antara lain Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Siliwangi Jawa Barat, dan UIN Imam Bonjol Sumatera Barat. Kegiatan di tiga kota tersebut mendapat apresiasi yang baik dari para pemangku kepentingan dan para peserta diseminasi. Berdasarkan hasil kegiatan tersebut direkomendasikan untuk tahun keempat ini sosialisasi pengembangan ilmu kepancasilaan perlu diperluas cakupannya.

Pada tahun 2018 ini, direncanakan dilaksanakan workshop, seminar, dan pelatihan. Workshop telah dilaksanakan Universitas Islam Negeri Jambi, seminar telah dilaksanakan di Universitas Pattimura Ambon, dan pelatihan direncanakan di Yogyakarta.

Tujuan Kegiatan
Secara umum tujuan kegiatan ini adalah pengembangan ilmu kepancasilaan di perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Adapun tujuan khusus yang hendak dicapai dalam pelatihan ini antara lain:

  • Pengenalan Hakikat Ilmu Kepancasilaan
  • Konsep dan Aplikasi Ilmu Kepancasilaan dalam Bidang Pendidikan
  • Konsep dan Aplikasi Ilmu Kepancasilaan dalam Bidang Penelitian
  • Terbentuknya komunitas akademik pengembangan ilmu kepancasilaan di berbagai perguruan tinggi.
  • Terbangun jejaring kerja sama komunitas penggiat ilmu kepancasilaan di seluruh Indonesia

 Bentuk Kegiatan

  1. Presentasi narasumber
  2. Diskusi
  3. Pembentukan komunitas epistemik Pancasila.

 Pelaksanaan:
Waktu : Kamis, 31 Mei 2018, Jam 08.30-11.30
Tempat: R. Sidang, Gedung Notonagoro, Lt 3, Fakultas Filsafat UGM,

 

Narasumber

  1. Dr. Rizal Mustansyir
  2. Dr. Arqom Kuswanjono
  3. Dr. Sindung Tjahyadi
  4. Dr. Heri Santoso
  5. Surono, MA

 

Peserta
Dosen dan Peneliti Pancasila dari perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia.

DAFTAR PESERTA PELATIHAN

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Comment (1)

  1. Endang Sulistyaningsih, S.H, M.Hum 5 years ago

    Terima kasih utk infonya. Berkaitan utk penulisan di sertifikat sy akan melengkapinya. Trmkasih.